Dosen Gizi UNTAD Mengikuti Pelatihan Dukungan Psikososial Bagi Petugas Kesehatan

Sahabat Gizi,
Dosen Gizi FKM Untad, Bapak Bohari S.Gz. M.Kes telah mengikuti kegiatan Pelatihan Dukungan Psikososial Bagi Petugas Kesehatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Sayangi Tunas Cilik pada tanggal 20-21 Mei 2019 di Swiss-Belhotel Silae Palu.
.
.
Trainer kegiatan tersebut adalah Bapak Edward Andriyanto Sutardhio, M.PSI, Psikolog dan Ibu Windarti, M.PSI, Psikolog (dosen psikologi di Universitas Indonesia) yang merupakan trainer kompeten di bidang Psychosocial First Aid (PFA), Mental Health & Support In Emergency Settings.
.
.
Masalah kesehatan mental dan psikologis dalam situasi Emergency sangat berhubungan satu dengan yang lainnya, namun biasanya cenderung didominasi oleh masalah sosial dan psikologis.
.
.
Dukungan psikososial yaitu membantu individu dan komunitas untuk memperbaiki kondisi psikologis dan membangun kembali struktur sosial, serta membantu orang untuk berubah dari posisi pasif menjadi penyintas yang aktif.
.
.
PFA merupakan program singkat untuk mengurangi peluang terjadinya trauma yang lebih berat dengan cara melakukan stabilisasi emosi dan rujukan. Stabilitas emosi merupakan proses memperluas area toleransi terhadap stres sehingga seseorang mampu mengolah informasi yang ada menjadi informasi yang bermakna.
.
.
Dengan kegiatan ini peserta diharapkan mampu melakukan PFA, kesehatan mental dan dukungan psikososial dalam keadaan darurat.
.
.
#giziuntad #fkmuntad #palu #soalpalu #sulteng #sulawesi #untad #gizi #giziseimbang #untadhits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan

Copyright © 2022. Gizi FKM UNTAD.